Kamis, 15 November 2012

Metodelogi penelitian


Pengaruh pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa dengan sistem  penilaian proyek pada pelajaran fisika meteri listrik dinamis
Latar belakang
            Kegiatan pembelajaran fisika yang digunakan saat ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan konsep, hitungan metematis, dan contoh fenomena. Penguasaan konsep yang baik akan membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan fisika dengan alasan fisis maupun hitungan metematis. Konsep yang baik juga dapat membantu siswa menjelaskan fenomena-fenomena fisika dengan baik. Untuk memperoleh konsep yang baik dilakukan dengan cara proses pembelajaran yang sesuai, artinya metode pembelajarannya sesuai dengan topik materi yang diajarkan.
            Setiap metode pembelajaran mempunyai kelebihan masing-masing untuk digunakan menyampaikan topik materi. Salah satu metode pembelajaran itu adalah metode penemuan. Pembelajaran penemuan merupakan metote pengajaran dimana siswa didorong untuk menemukan prinsip-prinsip oleh mereka sendiri. metode penemuan dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: (1) mengklarifikasi; (2) menarik kesimpulan secara induksi; (3) pembuktian kebenaran (verifikasi). Pada pembalajaran ini siswa dituntut untuk menemukan sendiri konsep-konsep yang harus dikuasai dan guru hanya memberikan fasilitas agar siswa dapat memperolehnya. Dalam menemukan konsep, siswa melakukan pengamatan, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menarik kesimpulan dan sebagainya untuk menemukan beberapa konsep atau prinsip. Pemberian pengalaman langsung kepada siswa dalam memperoleh konsep dan prinsip akan memperkuat pemahaman siswa. Maka  metode pembelajaran penemuan dipilih dalam proses pembalajaran fisika meteri listrik dinamis. Alasannya, karena dalam materi listrik dinamis terdapat konsep arus, beda potensial. hambatan yang keterkaitan antar ketiganya dapat ditemukan sendiri oleh siswa.  Hasil pembelajaran dapat diukur dengan menggunakan suatu jenis penilaian. Ada banyak jenis penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur hasil pembelajaaran, salah satunya penilaian proyek. Penilaian proyek merupakan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Penilaian proyek dilakukan mulai dari pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian, hingga penyajian data. Jenis penilaian ini dipilih kerena diharapan dengan penilain ini dapat mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh. Penilaian meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif.


Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah pengaruh pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa dengan sistem penilaian proyek pada pembelajaran fisika meteri listrik dinamis?


Tujuan
1.     Mengetahui pengaruh pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa dengan sistem penilaian proyek pada pembelajaran fisika meteri listrik dinamis.

2. Menerepkan pembelajaran penemuan dengan sistem penilaian proyek.



Semoga dapat berlanjut ke bab 2 dan bab 3 pada akhir semester ini








1 komentar:

Sebelumnya ingin tahu, apakah pembelajaran penemuan ini sebagai model pembeljaran seperti guided discovery? namun dikombinasikan dengan produk PBI yang menjalannya penemuan konsep dengan proyek kerja??
Pembelajaran ini membutuhkan kiranya waktu yang lebih dari jam pertemuan dikelas agar lebih efektif. semoga tujuan pembelajaranya dapat tercapai

Posting Komentar