Pengaruh pembelajaran penemuan terhadap hasil
belajar siswa dengan sistem penilaian
proyek pada pelajaran fisika meteri listrik dinamis
Latar belakang
Kegiatan
pembelajaran fisika yang digunakan saat ini adalah pembelajaran yang
berorientasi pada penguasaan konsep, hitungan metematis, dan contoh fenomena. Penguasaan
konsep yang baik akan membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan fisika
dengan alasan fisis maupun hitungan metematis. Konsep yang baik juga dapat
membantu siswa menjelaskan fenomena-fenomena fisika dengan baik. Untuk memperoleh
konsep yang baik dilakukan dengan cara proses pembelajaran yang sesuai, artinya
metode pembelajarannya sesuai dengan topik materi yang diajarkan.
Setiap
metode pembelajaran mempunyai kelebihan masing-masing untuk digunakan
menyampaikan topik materi. Salah satu metode pembelajaran itu adalah metode
penemuan. Pembelajaran penemuan merupakan metote pengajaran dimana siswa
didorong untuk menemukan prinsip-prinsip oleh mereka sendiri. metode penemuan dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: (1) mengklarifikasi; (2) menarik
kesimpulan secara induksi; (3) pembuktian kebenaran (verifikasi). Pada pembalajaran ini siswa dituntut untuk menemukan sendiri
konsep-konsep yang harus dikuasai dan guru hanya memberikan fasilitas agar
siswa dapat memperolehnya. Dalam menemukan konsep, siswa melakukan pengamatan,
menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menarik kesimpulan dan sebagainya
untuk menemukan beberapa konsep atau prinsip. Pemberian pengalaman langsung kepada siswa dalam
memperoleh konsep dan prinsip akan memperkuat pemahaman siswa. Maka metode pembelajaran penemuan dipilih dalam
proses pembalajaran fisika meteri listrik dinamis. Alasannya, karena dalam
materi listrik dinamis terdapat konsep arus, beda potensial. hambatan yang
keterkaitan antar ketiganya dapat ditemukan sendiri oleh siswa. Hasil pembelajaran dapat diukur dengan menggunakan
suatu jenis penilaian. Ada banyak jenis penilaian yang dapat digunakan untuk
mengukur hasil pembelajaaran, salah satunya penilaian proyek. Penilaian proyek
merupakan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam waktu
tertentu. Penilaian
proyek dilakukan mulai dari pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian,
hingga penyajian data. Jenis penilaian ini dipilih kerena diharapan dengan penilain ini dapat
mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh. Penilaian meliputi aspek kognitif,
psikomotor, dan afektif.
Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah pengaruh pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa dengan sistem penilaian proyek pada pembelajaran fisika meteri listrik dinamis?
Tujuan
1. Mengetahui pengaruh pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa dengan sistem penilaian proyek pada pembelajaran fisika meteri listrik dinamis.
2. Menerepkan pembelajaran penemuan dengan sistem penilaian proyek.
Semoga dapat berlanjut ke bab 2 dan bab 3 pada akhir semester ini
1 komentar:
Sebelumnya ingin tahu, apakah pembelajaran penemuan ini sebagai model pembeljaran seperti guided discovery? namun dikombinasikan dengan produk PBI yang menjalannya penemuan konsep dengan proyek kerja??
Pembelajaran ini membutuhkan kiranya waktu yang lebih dari jam pertemuan dikelas agar lebih efektif. semoga tujuan pembelajaranya dapat tercapai
Posting Komentar