Kamis, 15 November 2012

KETERAMPILAN PROSES SAINS

            Video ini berisi beberpa keterampilan proses sains yang perlu diketahui oleh siswa. Keterampilan proses sains yang dibahas dalam video ini meliputi pengamatan, pengkomunikasian, pengelompokan, pengukuran, pemerediksian, penarikan kesimpulan. Dalam belajar ilmu fisika keterampilan proses sangat penting untuk dikuasai, karena pada dasarnya fisika itu ada di alam bukan di buku. dalam video ini dijelaskan masing-masing keterampilan proses sains.



Untuk mengetahui alam, kita melakukan dengan pengamatan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Pengamatan dilakukan dengan berbagai cara untuk berbagai obyek yang berbeda. pengamatan dapat dilakukan dengan menggunakan panca indra, untuk benda yang sangat kecil dapat menggunakan mikroskop dan untuk benda yang sangat jauh dapat menggunakan teropong atau teleskop.
keterampilan yang kedua adalah pengkomunikasian, setiap hasil pengamatan atau hasil kajian ilmiah perlu disampaikaan kepada orang lain atau dikomunikasikan untuk memperoleh tanggapan dan kritikan untuk bahan evaluasi. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. komunikasi langsung dengan menunjukkan langsung obyeknya sedangkan komunikasi tidak langsung dapat mengguakan diagram, grafik dan lain sebagainya.
Pengelompokan merupakaan proses memilih obyek berdasarkan persamaan, perbedaan dan hubungan. Contoh dari pengelompokan misalnya pengklasifikasian makhluk hidup dalam beberapa kelas dan ordo. Tujuan dilakukan pengelompokan adalah agar kita lebih mudah untuk mengidentifikasi suatu obyek.
Keterampilam proses selanjutnya adalah pengukuran. mengukur adalah proses membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran tertentu yang ditetapkan sebagai standart. Fungsinya adalah untuk mengetahui besarnya suatu besaran. Pengukuran dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung. Pengukuran langsung dengan menggunakan alat ukur besaran yang diukur, sedangkan pengukuran secara tidak langsung dengan mengukur besaran lain.
Memprediksi adalah membuat dugaan secara logis tentang hasil dari kejadian yang akan datang. Prediksi harus memmperhitungkan peluang karena tidak semua preddiksi akan benar-benar terjadi. contoh prediksi cuaca berbagai daerah di indonesia.
Terakhir adalah kesimpulan. Kesimpulan adalah penjelasan atau tafsiran yang dibuat berdasarkan hasil pengamatan. Kesimpulan terus berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah kesimpulan dari teori atom yang terus berkembang mulai dari teori atom dalton sampai teori atom mekanika kuantum. 

0 komentar:

Posting Komentar