Selasa, 20 November 2012

Fisika Badminton Cup 2012 (FBC)

FBC
(Fisika Badminton Cup)

        Fisika badminton cup (FBC) merupakan suatu kompetisi bulutangkis antar mahasiswa atau pelajar umum yang diadakan oleh Departemen Bakat dan Minat BEM Jurusan Fisika Unesa. Tahun ini merupakan kali kedua FBC dilaksanakan. Sebelumnya FBC sukses diadakan di GP Sport Graha Pena Surabaya kini panitia  FBC memilih gedung olahraga KSC (Kebraon Sport Center) sebagai tempat diadakannya kompetisi badminton ini.

        Sejarah singkat diadakannya kegiatan ini berawal dari kegemaran dari kawan jurusan fisika pada olahraga badminton. Beberapa dari mereka juga merupakan anggota BEM Jurusan Fisika yang ketika itu masih kepengurusan 2011. Akhinya timbul Ide dari mereka untuk membentuk suatu Klub Badminton sebagai wadah bagi mereka yang menyukai atau mau belajar Badminton, Terbentuklah Fisika Badminton Club. Sedikit cerita tentang Fisika Badminton Club. Club badminton ini mengadakan latihan rutin seminggu sekali tempatnya di Kantor kelurahan Ketintang. Jadwalnya ketika itu setiap hari minggu pukul 10.00-13.00 WIB. Hingga saat ini Club badminton ini masih ada dan semakin banyak anggotanya dari berbagai angkatan. Jadwal latihanya beralih ke Hari Jumat mulai jam 3 sore sampai jam 6 di tempat yang sama. kembali ke FBC, setelah Club terbentuk dan skil badminton anak-anak fisika juga lebih baik maka departemen bakat dan minat BEM jurusan fisika ingin mengadakan suatu kompetisi di antara mereka dengan dengan jurusan-jurusan lain. melalui diskusi dan perdebatan ketika rapat kerja BEM 2011 disetujui diadakannya FBC 2011 dengan anggaran sebesar 1,5 juta rupiah.

             Awal pelaksanan FBC disambut antusias oleh mahasiswa di Unesa. Banyak peserta yang mendaftar mulai dari yang terbanyak dari jurusan fisika sendiri, jurusan teknik elektro, jurusan teknik mesin, jurusan Kimia, jurusan biologi, fakultas Ilmu keolahragaan, dari UKM badminton sampai dari universitas lain. Dengan biaya pendaftaran sebesar RP 30.000,- untuk tunggal dan Rp 45.000,- untuk ganda sudah dapat mengikuti kompetisi ini. Pelaksannanya waktu itu di sore hari yaitu mulai dari jam 3 sampai jam 6 dengan menggunakan dua lapangan sekaligus selama satu minggu. Selesai kuliah, kami secara bergilir mulai menuju tempat pelaksanaan kerena ada kuliah yang sampai jam 4 atau jam 5 sore padahal kegiatan dimulai jam 3 sore. Berkat kerjasama yang baaik kegiatan dapat berjalaan lancar. Pemenang FBC tahun 2011 untuk ganda jatuh kepada anak FIK sebagai juara pertama dan dari jurusan Fisika Juara keduanya. Untuk tunggal jatuh pada FIK sebagai juara pertama dan jurusan Biologi sebagai juara kedua. mesing mereka mendapat hadiah piala dan uang tunai. 

           Tahun 2012 ini BEM J Fisika kembali mengadakan FBC dengan konsep yang sama dengan tahun sebelumnya, dengan perbaikan di setiap lini, mulai dari konseep acara yang lebih menarik, publikasi yang merata, persiapan matang serta hadiah yang lebih besar. Dengan target peserta sebanyak 32 tim ganda dan 32 tunggal diharapka mampu memehuhi gedung olahraga KSC Surabaya pada Sabtu-Minggu, 8-9 Desember 2012. Lebih dari 4 tim perwakilan dari Jurusan fisika siap di terjunkaan untuk menghadapi kompetisi ini. diharapkan mereka dapat membawa medali FBC ke rumah sendiri. Pendaftaran di buka mulai tanggal 12 November Sampai 2 Desember 2012. Mohon dukungan untuk kesuksesan kegiatan ini. (/sain)

    

0 komentar:

Posting Komentar